(0)

Sebelum Mengecat Rumah, Perhatikan Hal Teknis
Info Terbaru | 21 Januari 2019
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan warna dinding rumah sering kali dipengaruhi oleh selera dan kesukaan penghuninya sehingga lebih nyaman, dan estetis.

Hal itu menandakan orang cenderung mengutamakan tampilan visual atau estetika dibanding penggunaan ruangan yang akat dicat.

Padahal, teknis memilih warna cat dinding seharusnya lebih diprioritaskan karena berhubungan dengan fungsi dan pemakaian ruangan tersebut.

"Warna itu bagian dari estetika atau visual, padahal yang lebih utama adalah teknis memilih warna, bukan estetika. Kadang-kadang orang lebih ke visual atau estetika, tapi lupa teknisnya," ucap desainer interior Diana Nazir saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut dia, teknis memilih warna cat dinding rumah itu dinilai penting karena berhubungan dengan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala.

Penghuni rumah harus mempertimbangkannya sedari awal membangun hunian agar nantinya tidak mengalami kesulitan dalam perawatan.

Beberapa persoalan yang biasanya terjadi pada cat dinding yaitu mudah kotor, retak, terkelupas, dan tidak tahan lama.

"Jangan sampai pilih warna yang susah dibersihkan, gampang kotor, enggak tahan lama, atau bulukan," ujarnya.

Sebagai contoh, Diana menyebutkan warna-warna yang lebih netral, seperti putih, coklat muda, dan abu-abu, cocok untuk diterapkan di ruang tamu.

Kemudian, untuk di ruang keluarga bisa memakai warna-warna yang lebih hangat, misalnya krem, coklat muda dengan aksen warna yang membangkitkan selera makan, seperti jingga, merah bata, dan kuning.

Lalu, untuk di kamar tidur, palet warna yang menenangkan pantas diaplikasikan, semisal putih, biru muda, coklat muda, dan abu-abu muda.

Sumber : properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 15 April 2019
Generasi Milenial, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Rumah
KompasProperti - Sulit dipungkiri bila harga properti dari waktu ke waktu terus merangkak naik. Bagi generasi milenial dengan penghasilan pas-pasan, tentu harus berpikir ekstra keras saat hendak membeli rumah pertama. Ada beberap tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Seperti yang dirangkum KompasProperti dari Appartmenttherapy berikut: 1. Gambarkan di manaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 15 April 2019
Tanpa Melibatkan Otak Manusia, Kursi Ini Dibuat dengan Teknologi AI
KOMPAS.com - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence ( AI) telah merambah industri furnitur. Kini dengan pengaplikasian teknologi, AI dapat digunakan untuk merancang kursi. Sebuah perusahaan perangkat lunak, Starck menggunakan software khusus yang dikembangkan oleh Autodesk untuk perusahaan furnitur Kartell. Teknologi ini diperkenalkan dalam ajang Milan Design Week 2019. -(Dezeen)"Ini adalah kursiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 8 April 2019
Musim Hujan Belum Beranjak, Ini Tips Cegah Rumah Bocor
KOMPAS.com – Memasuki bulan April ini, cuaca tidak menentu terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Kadang matahari bersinar terik, tetapi kadang hujan turun dengan derasnya. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, sering kali hujan deras disertai angin kencang yang bisa mengakibatkan banjir dan kebocoran atap rumah. Maka dari itu, perlu usaha ekstra untuk mewaspadaiBaca Selengkapnya