(0)

Syarat &Ketentuan

Selamat datang di www.btnproperti.co.id.

Syarat &ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terkait penggunaan situs www.btnproperti.co.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.btnpropert.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat &ketentuan. Syarat &ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat &ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.btnpropert.co.id.

 A. Definisi

  1. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa perbankan yang menyediakan jasa layanan perbankan termasuk namun tidak terbatas pada layanan dana dan Kredit/Pembiayaan Konsumer. Selanjutnya disebut Bank BTN.
  2. Situs BTN Properti adalah www.btnproperti.co.id.
  3. Syarat &ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Bank BTN yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Bank BTN, serta tata cara penggunaan sistem layanan BTN Properti.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan BTN Properti, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, developer/pengembang, agen, professional, ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs BTN Properti.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas properti (rumah ataupun apartemen) yang dijual oleh Developer/Pengembang di Situs BTN Properti.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan melakukan penawaran atas suatu properti (rumah ataupun apartemen) kepada para Pengguna Situs BTN Properti.
  7. Developer/pengembang adalah pihak ketiga rekanan Bank BTN yang menjual dan mempromosikan unit propertinya (rumah ataupun apartemen) melalui situs BTN Properti.
  8. Agen adalah pengguna terdaftar yang menjual dan mempromosikan unit propertinya (rumah ataupun apartemen) melalui situs BTN Properti baik yang berbentuk perseorangan ataupun badan usaha.
  9. Professional adalah pengguna terdaftar yang memiliki usaha di bidang jasa yang memasarkan dan mempromosikan jasanya melalui situs BTN Properti baik yang berbentuk perseorangan ataupun badan usaha.
  10. Properti adalah Rumah ataupun Apartemen yang dapat dimiliki oleh seseorang yang dibuktikan secara resmi dengan surat-surat kepemilikan.
  11. Rekening Pengguna adalah rekening milik pengguna terdaftar yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di situs BTN Properti.
  12. Rekening Developer/Pengembang adalah rekening milik developer/pengembang rekanan Bank BTN yang terdaftar dan digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di situs BTN Properti.

B. Pengguna Situs BTN Properti

Syarat dan ketentuan berikut di bawah ini berlaku pada dan mengatur seluruh aktivitas yang terdapat di situs BTN Properti. Mohon dibaca dengan teliti sebelum Anda mendaftarkan diri dan berpartisipasi pada situs BTN Properti. Dengan mengakses situs BTN Properti dan bergabung di BTN Properti maka Anda menyatakan bahwa Anda setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan di bawah ini :

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. BTN Properti tidak mmemungut biaya pendaftaran kepada pengguna.
  3. Informasi terkait dengan data user merupakan rahasia user &admin dan tidak dapat dibagikan kecuali dengan salah satu keadaan berikut berlaku :

a. Dengan Persetujuan User

BTN Properti akan membagi informasi pribadi dengan perusahaan, organisasi, dan individu di luar situs BTN Properti jika mendapatkan persetujuan dari User untuk melakukannya.

b. Untuk Pemrosesan Eksternal

BTN Properti memberikan informasi pribadi ke afiliasi atau business maupun orang tepercaya lainnya berdasarkan petunjuk admin.

c. Untuk Tujuan Hukum

BTN Properti akan membagikan informasi pribadi dengan perusahaan, organisasi, dan individu di luar situs BTN Properti jika berkeyakinan dengan itikad baik bahwa akses, penggunaan, penyimpanan, atau pengungkapan informasi tersebut perlu untuk :

- Memenuhi hukum, peraturan, dan proses hukum yang berlaku atau permintaan pemerintah yang wajib dipenuhi.

- Menegakkan Persyaratan Layanan yang tersedia, termasuk penyelidikan pelanggaran potensial.

- Mendeteksi, mencegah, atau menangani penipuan, keamanan, atau masalah teknis.

- Melindungi dari ancaman terhadap hak, properti atau keamanan situs BTN Properti, pengguna kami atau publik seperti yang diharuskan atau diizinkan oleh hukum.

  1. Untuk melindungi akun situs BTN Properti Anda, kerahasiaan sandi Anda harus tetap terjaga. Anda bertanggung jawab atas aktivitas yang terjadi pada atau melalui akun Anda. Anda dihimbau untuk tidak menggunakan kembali sandi akun situs BTN Properti Anda pada aplikasi pihak ketiga.
  2. Konten data (harga, spesifikasi, tampilan dan sisa unit stok) yang ada dalam situs BTN Properti dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan Developer/Pengembang tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
  3. Harga Unit Rumah hanya merupakan referensi. Segala perubahan dan beban tambahan yang terjadi sepenuhnya akan dibebankan kepada pembeli.
  4. Batas waktu booking unit rumah adalah 3 (tiga) hari kerja. Pengguna diwajibkan melakukan pembayaran kepada Developer/Pengembang dalam waktu tersebut dan wajib menghubungi Developer/Pengembang yang bersangkutan sebelum dan sesudah melakukan pembayaran.
  5. Resiko yang terjadi dalam proses pengajuan kredit dan booking unit rumah adalah tanggung jawab pengguna tersebut, dan bukan menjadi tanggungjawab BTN Properti.
  6. BTN Properti tidak dapat dituntut untuk segala pernyataan, kekeliruan, ketidaktepatan atau kekurangan pada segala konten yang ada pada situs BTN Properti.
  7. Berkaitan dengan forum/konsultasi yang ada pada situs BTN Properti, BTN Properti tidak bertanggung jawab atas ketepatan isi informasi dari peserta forum/konsultasi tersebut, dan tidak akan mempunyai tanggung jawab hukum untuk hasil diskusi di forum. Apabila Anda berpartisipasi pada forum/konsultasi, Anda menjamin bahwa Anda tidak akan :

- Merusak nama baik, mengancam, melecehkan atau menghina orang lain.

- Mengeluarkan pernyataan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras).

- Menyarankan tindakan melanggar hukum atau berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum.

- Menerbitkan dan menyebarkan materi yang melanggar hak cipta pihak ketiga atau melanggar hukum.

- Menerbitkan atau menyebarkan materi dan bahasa yang bersifat pornografi, vulgar dan tidak etis.

  1. BTN Properti berhak untuk menghapus pesan yang dianggap tidak sesuai dan melanggar konteks. Apabila Anda menemukan pesan yang tidak sesuai dan melanggar, harap hubungi Admin melalui Hubungi Kami.
  2. Apabila Anda hendak menghubungi BTN Properti baik berupa masukan, saran, pertanyaan umum, harap menggunakan fasilitas hubungi kami yang ada di dalam situs BTN Properti.
  3. Untuk dapat menggunakan fasilitas booking online, Anda harus terdaftar sebagai anggota, setuju untuk memberikan informasi yang sebenarnya. Ketika mendaftar, anda dianggap telah setuju dengan aturan-aturan yang mengatur didalamnya.
  4. Kami tidak melakukan updating content unit stok pada hari libur dan libur nasional.
  5. Apabila Anda tidak mampu memenuhi peraturan-peraturan yang dicantumkan diatas, BTN Properti berhak untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Bagi para pihak yang melanggar peraturan-peraturan ini dapat dihentikan keanggotaannya atau aksesnya tanpa peringatan terlebih dahulu.
  6. Peraturan-peraturan yang disebut di atas dapat dimodifikasi dari waktu ke waktu oleh BTN Properti tanpa pemberitahuan.

C. Developer/Pengembang atau Agen BTN Properti

Syarat dan ketentuan berikut di bawah ini berlaku pada dan mengatur seluruh aktivitas yang terdapat di situs BTN Properti. Mohon dibaca dengan teliti sebelum berpartisipasi pada situs BTN Properti. Dengan mengakses situs BTN Properti dan bergabung di BTN Properti, maka Developer/Pengembang atau agen menyatakan setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan di bawah ini :

  1. Ruang Lingkup Developer/Pengembang atau agen:
    1. Melakukan Update dan Upload unit stok properti.
    2. Melakukan Respond dan Monitoring aktivitas booking unit stok properti.
    3. Monitoring status unit stok properti.
  2. Developer/Pengembang atau agen wajib melakukan pergantian password dengan password pribadi pada saat mendapatkan user-ID pada kesempatan pertama.
  3. Developer/Pengembang atau agen harus memelihara, menyimpan, dan melindungi user-ID serta password pribadi yang menjadi tanggungjawabnya.
  4. Developer/Pengembang atau agen bertanggung jawab atas semua kegiatan/aktivitas di sistem aplikasi yang dilakukan di bawah user-ID dan password-nya.
  5. Developer/Pengembang atau agen harus memilih password yang efektif sehingga sulit ditebak/disingkap serta memperlakukannya secara rahasia agar terhindar terhadap penyalahgunaan user-ID yang tidak berhak.
  6. Menghubungi Kantor Cabang Bank BTN atau Admin BTN Properti untuk melakukan reset password, apabila user-ID terkunci/terlupa disertai dengan surat resmi yang ditandatangani oleh Direktur/Pimpinan Developer/Pengembang atau agen.
  7. Developer/Pengembang atau agen wajib melaporkan setiap kali terjadi kasus pembobolan pengamanan pada kesempatan pertama kepada Kantor Cabang Bank BTN atau Admin BTN Properti.
  8. Memastikan dan bertanggung jawab atas kebenaran konten data unit stok (harga, informasi spesifikasi, tampilan dan status) yang ada dalam situs BTN Properti.
  9. Menghubungi Kantor Cabang bank BTN yang sudah bekerja sama dengan Developer/Pengembang atau agen sesuai dengan proyek perumahannya, apabila pengembang melakukan pengkinian (update) atau perubahan konten data unit stok (harga, informasi spesifikasi, tampilan dan status) pada situs BTN Properti sehingga perubahan yang dilakukan dapat tercantum (publish) pada situs BTN Properti.
  10. Melakukan perubahan status unit stok menjadi terpesan atau booked atau pesana diterima pada situs BTN Properti maksimal 1 hari kerja setelah unit stok tersebut sudah dipesan dan masih available melalui situs BTN Properti.
  11. Menyampaikan informasi kelengkapan data pemesanan unit stok termasuk booking fee kepada pemohon yang melakukan pemesanan atau booking unit stok melalui situs BTN Properti maksimal 1 hari kerja.
  12. Melakukan perubahan status unit stok menjadi terjual atau sold pada situs BTN Properti maksimal 3 hari kerja setelah unit stok tersebut terjual tanpa melalui situs BTN Properti.
  13. Memastikan bahwa setiap materi yang diusulkan untuk dapat tercantum (publish) di situs BTN Properti baik berupa tulisan, gambar maupun materi multimedia lainnya tidak melanggar hak cipta, paten, merek atau hak pribadi dan kepemilikan intelektual lainnya dari pihak ketiga, dan diterbitkan hanya dengan izin daripada pihak ketiga tersebut.
  14. Memastikan pencantuman foto pada situs BTN Properti sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Foto yang dipasang adalah benar foto properti yang diiklankan atau dipasarkan (Maksimal 5 foto).
    2. Foto menunjukkan properti pengembang yang dijual dan kualitas foto harus bagus, jelas, serta tidak pecah atau buram.
    3. Foto dapat berupa foto pada brosur pemasaran, foto desain, foto 3D, foto bangunan yang sedang dibangun dan denah rumah, serta siteplan pada satu lokasi perumahan.
    4. Tidak diperbolehkan menyampaikan beberapa foto (multiple foto thumbnail) dalam satu foto file.

Developer/Pengembang atau agen dilarang :

  1. Menggunakan user yang digunakan untuk :
    1. Merusak nama baik, mengancam, melecehkan atau menghina orang lain (developer/pengembang lain).
    2. Mengeluarkan pernyataan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras).
    3. Melakukan tindakan melanggar hukum atau menyarankan dan berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum.
    4. Menerbitkan dan menyebarkan materi yang melanggar hak cipta pihak ketiga atau melanggar hukum.
    5. Menerbitkan atau menyebarkan materi dan bahasa yang bersifat pornografi, vulgar dan tidak etis.
    6. Menjual unit kavling yang telah di pesan atau berstatus "Booked" oleh user pengunjung situs BTN Properti di luar situs.
    7. Menyebarluaskan informasi rahasia, baik berupa data atau informasi, baik financial, sharing password atau lain sebagainya berkaitan dengan debitur/konsumen baik identitas, finansial maupun non finansial, sebagaimana dimaksud peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 Sanksi :

  1. Apabila Developer/Pengembang atau agen tidak mampu memenuhi peraturan-peraturan yang dicantumkan di atas, Admin situs BTN Properti berhak untuk melakukan tindakan :
    1. Pemberitahuan secara tertulis kepada Developer/Pengembang atau agen.
    2. Apabila pemberitahuan tersebut tidak ditindaklanjuti dalam waktu 1 hari kerja, Admin situs BTN Properti berhak menghentikan keanggotaan atau akses tanpa peringatan terlebih dahulu.
    3. Ketentuan lain mengacu syarat dan ketentuan pada situs BTN Properti dan peraturan perundangan yang berlaku.

D. Profesional

Syarat dan ketentuan berikut di bawah ini berlaku pada dan mengatur seluruh aktivitas yang terdapat di situs BTN Properti. Mohon dibaca dengan teliti sebelum berpartisipasi pada situs BTN Properti. Dengan mengakses situs BTN Properti dan bergabung di BTN Properti, maka Profesional menyatakan setuju untuk mematuhi peraturan-peraturan di bawah ini :

  1. Ruang Lingkup Profesional:
    1. Melakukan Update dan Upload Informasi Bisnis, Layanan, Profil, dan Portofolio.
    2. Melakukan Respond dan Monitoring aktivitas penyediaan jasa dan layanan yang berkaitan dengan properti (Rumah ataupun Apartemen).
  2. Profesional wajib melakukan pergantian password dengan password pribadi pada saat mendapatkan user-ID pada kesempatan pertama.
  3. Profesional harus memelihara, menyimpan, dan melindungi user-ID serta password pribadi yang menjadi tanggungjawabnya.
  4. Profesional bertanggung jawab atas semua kegiatan/aktivitas di sistem aplikasi yang dilakukan di bawah user-ID dan password-nya.
  5. Profesional harus memilih password yang efektif sehingga sulit ditebak/disingkap serta memperlakukannya secara rahasia agar terhindar terhadap penyalahgunaan user-ID yang tidak berhak.
  6. Menghubungi Kantor Cabang Bank BTN atau Admin BTN Properti untuk melakukan reset password, apabila user-ID terkunci/terlupa disertai dengan surat resmi yang ditandatangani oleh Profesional.
  7. Profesional wajib melaporkan setiap kali terjadi kasus pembobolan pengamanan pada kesempatan pertama kepada Kantor Cabang Bank BTN atau Admin BTN Properti.
  8. Memastikan dan bertanggung jawab atas kebenaran konten data profesional (Informasi Bisnis, Layanan, Profil, dan Portofolio, Biaya) yang ada dalam situs BTN Properti.
  9. Memastikan bahwa setiap materi yang diusulkan untuk dapat tercantum (publish) di situs BTN Properti baik berupa tulisan, gambar maupun materi multimedia lainnya tidak melanggar hak cipta, paten, merek atau hak pribadi dan kepemilikan intelektual lainnya dari pihak ketiga, dan diterbitkan hanya dengan izin daripada pihak ketiga tersebut.
  10. Memastikan pencantuman foto pada situs BTN Properti sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Foto yang dipasang adalah benar foto properti yang diiklankan atau dipasarkan (Maksimal 5 foto).
    2. Foto menunjukkan properti pengembang yang dijual dan kualitas foto harus bagus, jelas, serta tidak pecah atau buram.
    3. Foto dapat berupa foto pada brosur pemasaran, foto desain, foto 3D, foto portofolio dan layanan.
    4. Tidak diperbolehkan menyampaikan beberapa foto (multiple foto thumbnail) dalam satu foto file.

Profesional dilarang :

  1. Menggunakan user yang digunakan untuk :
    1. Merusak nama baik, mengancam, melecehkan atau menghina orang lain (developer/pengembang lain).
    2. Mengeluarkan pernyataan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras).
    3. Melakukan tindakan melanggar hukum atau menyarankan dan berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum.
    4. Menerbitkan dan menyebarkan materi yang melanggar hak cipta pihak ketiga atau melanggar hukum.
    5. Menerbitkan atau menyebarkan materi dan bahasa yang bersifat pornografi, vulgar dan tidak etis.
    6. Menyebarluaskan informasi rahasia, baik berupa data atau informasi, baik financial, sharing password atau lain sebagainya berkaitan dengan debitur/konsumen baik identitas, finansial maupun non finansial, sebagaimana dimaksud peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sanksi :

 

  1. Apabila Profesional tidak mampu memenuhi peraturan-peraturan yang dicantumkan di atas, Admin situs BTN Properti berhak untuk melakukan tindakan :
    1. Pemberitahuan secara tertulis kepada Profesional.
    2. Apabila pemberitahuan tersebut tidak ditindaklanjuti dalam waktu 1 hari kerja, Admin situs BTN Properti berhak menghentikan keanggotaan atau akses tanpa peringatan terlebih dahulu.

Ketentuan lain mengacu syarat dan ketentuan pada situs BTN Properti dan peraturan perundangan yang berlaku.

 E. Transaksi Pembelian

  1. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Bank BTN. Pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pengguna, dan kemudian Bank BTN akan meneruskan dana ke pihak Developer/Pengembang atau agen apabila tahapan transaksi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) pada sistem BTN Properti telah selesai.
  2. Saat melakukan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen), Pengguna menyetujui bahwa:
  • Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk melakukan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen).
  • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk memesan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) ketika Pengguna pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen).
  • Bank BTN tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas unit properti (Rumah ataupun Apartemen) dari Developer/Pengembang atau agen kepada Pengguna.
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) merupakan tanggung jawab Developer/Pengembang atau agen yang menawarkan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) tersebut. Terkait ketersediaan stok unit properti (Rumah ataupun Apartemen) dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok unit properti (Rumah ataupun Apartemen) kosong, maka Developer/Pengembang atau agen akan menolak pemesanan, dan pembayaran atas pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) yang bersangkutan dikembalikan kepada Pengguna.
  2. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pengguna dan Developer/Pengembang atau agen selain melalui Bank BTN atau BTN Properti dan/atau tanpa sepengetahuan Bank BTN (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Bank BTN atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
  3. Bank BTN memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  4. Pembayaran oleh Pengguna wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 3 hari) setelah Pengguna melakukan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen). Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pengguna, Bank BTN memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  5. Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Bank BTN. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna.
  6. Pengguna wajib melakukan konfirmasi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) kepada Developer/Pengembang atau agen dan Admin BTN Properti, setelah melakukan pembayaran booking fee atas pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) untuk memastikan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) sekaligus pengajuan KPR segera diproses ke Kantor Cabang Bank BTN.
  7. Setelah adanya konfirmasi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen), maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi BTN Properti akan di lanjut kirimkan ke pihak Developer/Pengembang atau agen (transaksi dianggap selesai).
  8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) adalah bukan menjadi tanggung jawab Bank BTN. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) menjadi tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  9. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.
  10. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna pergunakan dengan bank Rekening resmi BTN Properti adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  11. Pengembalian dana dari Bank BTN kepada Pengguna hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Pengguna atas pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen),
    • Masalah pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) telah teridentifikasi secara jelas dari Developer/Pengembang atau agen yang mengakibatkan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) tidak dapat diproses,
    • Developer/Pengembang atau agen tidak bisa menyanggupi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) karena kehabisan stok, perubahan harga, maupun penyebab lainnya,
    • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pengguna atau hasil keputusan dari pihak Bank BTN.
  12. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Rekening milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  13. Bank BTN berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Developer/Pengembang atau agen dan Pengguna, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Bank BTN adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Developer/Pengembang atau agen dan Pengguna untuk mematuhinya.
  14. Apabila Pengguna memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank atau virtual account, maka Pengguna akan mennerima kode unik virtual account untuk mempermudah proses verifikasi pembayaran. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka proses pembayaran terhadap pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) kan terupdate secara otomatis.
  15. Pengguna wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Bank BTN tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pengguna apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

 

F. Transaksi Penjualan

  1. Developer/Pengembang dan agen dilarang memanipulasi harga Properti (Rumah ataupun Apartemen) dengan tujuan apapun.
  2. Developer/Pengembang dan agen dilarang melakukan penawaran / berdagang Properti (Rumah ataupun Apartemen) yang dilarang atau yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  3. Developer/Pengembang dan agen wajib memberikan foto dan informasi produk Properti (Rumah ataupun Apartemen) dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitasnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk Properti (Rumah ataupun Apartemen) yang diunggah oleh Developer/Pengembang dan agen dengan produk yang diterima oleh Pengguna, maka Bank BTN berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  4. Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk/Iklan Properti", "Foto Produk/Iklan Properti", dan "Deskripsi Produk", Developer/Pengembang dan agen dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Jika terdapat pertentangan antara catatan dan/atau deskripsi produk Properti (Rumah ataupunApartemen) dengan Syarat &Ketentuan BTN Properti, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat &Ketentuan BTN Properti.
  5. Developer/Pengembang dan agen wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pemesanan unit Properti (Rumah ataupun Apartemen) dari pihak Pengguna dalam batas waktu 3 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan unit property (Rumah ataupun Apartemen) dari BTN Properti. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Developer/Pengembang dan agen maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  6. Demi menjaga kenyamanan Pengguna dalam bertransaksi, Developer/Pengembang dan agen memahami dan menyetujui bahwa Bank BTN berhak melakukan moderasi Developer/Pengembang dan agen apabila Developer/Pengembang dan agen melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan unit Properti (Rumah ataupun Apartemen) milik Pengguna dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  7. Developer/Pengembang dan agen memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pengguna apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil dan/atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat &Ketentuan.
  8. Bank BTN memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pengguna terkait proses pemesanan unit property (Rumah ataupun Apartemen). Pembayaran baru akan dilanjut kirimkan kepada Developer/Pengembang dan agen apabila permasalahan tersebut telah selesai.
  9. Bank BTN berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) jika properti dan deskripsi properti tidak sesuai/tidak jelas dengan properti yang dipesan oleh pengguna(ii) jika ditemukan adanya manipulasi transaksidan/atau (iii) Developer/Pengembang dan agen menyalahi transaksi yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan BTN Properti.
  10. Developer/Pengembang dan agen memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Developer/Pengembang dan agen akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Developer/Pengembang dan agen sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  11. Bank BTN berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Developer/Pengembang dan agen dan Pengguna, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Bank BTN adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Developer/Pengembang dan agen dan Pengguna untuk mematuhinya.

 

G. Komisi

  1. Hingga saat ini, Bank BTN belum memberlakukan sistem komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui BTN Properti.
  2. Apabila dikemudian hari akan diberlakukan sistem komisi dalam transaksi melalui BTN Properti, maka akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu jangka waktu selambat-lambatnya 1 (satu) pekan sebelum sistem komisi dinyatakan berlaku oleh Bank BTN.

 

H. Harga

  1. Harga Properti (rumah ataupun apartemen) yang terdapat dalam situs BTN Properti adalah harga yang ditetapkan oleh Developer/Pengembang dan Agen. Developer/Pengembang dan Agen dilarang memanipulasi harga Properti dengan cara apapun.
  2. Developer/Pengembang dan Agen dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Properti (rumah ataupun apartemen) yang ditawarkan melalui Situs BTN Properti. Bank BTN berhak untuk melakukan tindakan pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs BTN Properti dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna.
  4. Developer/Pengembang dan Agen memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Developer/Pengembang dan Agen. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Properti yang tidak disengaja, Developer/Pengembang dan Agen berhak menolak pesanan Properti yang dilakukan oleh Pengguna.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Developer/Pengembang dan Agen serta Pengguna tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Bank BTN.
  6. Dengan melakukan pemesanan melalui BTN Properti, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari biaya booking fee serta biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  7. Situs BTN Properti untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Properti dalam mata uang Rupiah.

 

I. Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan BTN Properti, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. BTN Properti berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Properti yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Ketika Pengguna menggungah ke Situs BTN Properti dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan BTN Properti hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Bank BTN.
  5. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs BTN Properti. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs BTN Properti.
  6. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa produk katalog properti (rumah ataupun apartemen) akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Bank BTN bertanggung jawab atas ketimpangan dalam produk katalog properti (rumah ataupun apartemen). Produk katalog properti (rumah ataupun apartemen) mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
  7. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs BTN Properti akan tunduk pada Ketentuan Situs serta peraturan hukum yang berlaku.
  8. Bank BTN berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada BTN Properti yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs serta peraturan hukum yang berlaku.

 

J. Promo

  1. Bank BTN sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Bank BTN berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi dan pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan BTN Properti dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun BTN Properti untuk mengikuti setiap promo Bank BTN. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo BTN Properti.
  4. Bank BTN dapat mengadakan kegiatan promosi yang bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Pengembang/Developer, Professional, atau situs sejenis untuk mempromosikan program promo yang sedang berjalan.
  5. Bank BTN sewaktu-waktu dapat menyebarkan promo yang sedang berjalan mmelalui media promosi yang dimiliki BTN Properti seperti sms blast, email newsletter, dan notifikasi aplikasi mobile.

 

K. Pusat Bantuan

  1. Pusat Bantuan merupakan fitur yang disediakan oleh BTN Properti untuk memfasilitasi kendala dan masalah yang dihadapi oleh pengguna.
  2. Pusat bantuan BTN Properti terdiri dari:
    1. Customer Service Live Chat
    2. Hubungi Kami
    3. Konsultasi
    4. Frequently Asked Question
  3. Customer Service Live Chat merupakan layanan pesan profesional secara online dan live di mana customer dapat menanyakan sesuatu atau mengadukan suatu kendala terkait produk maupun layanan yang ada dari BTN Properti.
  4. Hubungi Kami merupakan layanan pesan secara online untuk menanyakan suatu kendala secara detail dan lebih rini mengenai kendala teknis, Pengajuan Kredit, Produk Kredit, Masukan/Usulan, Pasang Banner Promo, Pengembang, dan lain-lain.
  5. Konsultasi merupakan layanan untuk mengajukan pertanyaan seputar Konsultasi Desain, KPR, Kredit komersial, Perencanaan Keuangan, dan lainnya yang akan dimunculkan di halaman konsultasi sehingga bisa dilihat oleh pengguna lainnya.
  6. Frequently Asked Question merupakan layanan yang akan menginformasikan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna. Layanan ini juga akan bertindak sebagai sarana bagi pengguna untuk menginformasikan aspirasi, keluhan ataupun pertanyaan seputar BTN Properti.

 

 

L. Pelepasan

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Bank BTN (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

 

M. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Bank BTN dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Bank BTN (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan BTN Properti yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

 

N. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

 

O. Pembaharuan

Syarat &ketentuan mungkin di ubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bank BTN menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat &ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan BTN Properti, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat &ketentuan.

 

P. Ketentuan Lain

Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Bank BTN dan BTN Properti secara umum.

 

Kebijakan Privasi

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Bank BTN untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs www.btnproperti.co.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai BTN Properti (selanjutnya disebut sebagai "Situs"). 

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs BTN Properti sebagaimana tercantum dalam "Syarat &Ketentuan" dan informasi lain yang tercantum di Situs) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada Bank BTN atau yang BTN Properti kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs, mengakses Situs, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs (selanjutnya disebut sebagai "data").

Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan BTN Properti, Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank BTN untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan BTN Properti.

Perolehan dan Pengumpulan Data Pengguna

Bank BTN mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:
    1. Membuat atau memperbarui akun BTN Properti, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan lain-lain;
    2. Menghubungi Bank BTN, termasuk melalui layanan konsumen BTN Properti;
    3. Mengisi survei yang dikirimkan oleh Bank BTN atau atas nama BTN Properti;
    4. Melakukan interaksi dengan Pengguna lainnya melalui fitur pesan, diskusi produk, ulasan, rating, Pusat Resolusi dan sebagainya;
    5. Mempergunakan layanan-layanan pada Situs, termasuk data transaksi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) yang detil, diantaranya tipe, jumlah dan/atau keterangan dari unit properti (Rumah ataupun Apartemen) yang dibeli, data diri, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;
    6. Mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Situs, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, virtual account, mobile banking, internet banking, dan/atau
    7. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna.

 

  1. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
    2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;
    3. Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
    5. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs.

 

  1. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk:
    1. Mitra Bank BTN yang turut membantu BTN properti dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs kepada Pengguna, antara lain Developer/Pengembang dan agen, Profesional, dan mitra-mitra lainnya.
    2. Mitra usaha Bank BTN tempat Pengguna membuat atau mengakses akun BTN Properti, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan API BTN properti atau yang digunakan BTN Properti;
    3. Penyedia layanan finansial;
    4. Penyedia layanan pemasaran;
    5. Sumber yang tersedia secara umum.

Bank BTN dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

 

Penggunaan Data

Bank BTN dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs, termasuk untuk keperluan pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) oleh Pengguna.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:
    1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan marketplace, asuransi, pembiayaan, pinjaman, maupun produk-produk lainnya melalui Situs;
    2. Memungkinkan fitur untuk mempribadikan akun BTN Properti Pengguna, seperti Favorit Properti dan Simpan Pencariandan/atau
    3. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada situs/aplikasi BTN Properti, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan BTN Properti, diantaranya untuk:
    1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    2. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahandan
    3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan BTN Properti.
  4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala.
  5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Situs, serta mengembangkan fitur dan produk baru.
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Situs maupun melalui media lainnya. Bank BTN juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan BTN Properti dan mitra usahanya.
  7. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
  8. Dalam keadaan tertentu, Bank BTN mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Bank BTN.

 

Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

Bank BTN menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Anda, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan adanya pengungkapan data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Bank BTN dalam menyajikan layanan pada Situs dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen), dan lain-lain.
  2. Bank BTN dapat menyediakan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Bank BTN telah bekerjasama untuk mengantarkan promosi, kontes, atau layanan yang dikhususkan.
  3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra BTN Properti (seperti Developer/Pengembang dan agen, Profesional, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
  4. Bank BTN dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma riset, atau penyedia layanan sejenis.
  5. Pengguna menghubungi Bank BTN melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs, komunikasi antara Pengguna dan Bank BTN mungkin dapat dilihat secara publik.
  6. Bank BTN dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Bank BTN.
  7. Bank BTN mengungkapkan data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum.

 

Cookies

  1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.
  2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
  3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Situs).
  4. BTN Properti menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang kami peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan lain-lain, akan kami gunakan untuk pengembangan Situs dan konten BTN properti. Jika tidak ingin data Anda terlacak oleh Google Analytics, Anda dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.
  5. Bank BTN dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten BTN Properti, termasuk diantaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Anda tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Anda dapat mengaturnya melalui browser.

 

Penyimpanan dan Penghapusan Informasi

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga aplikasi BTN Properti tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi BTN Properti pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi BTN Properti pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi.
  2. Setelah transaksi pemesanan unit properti (Rumah ataupun Apartemen) berhasil, Developer/Pengembang dan agen maupun Pengguna memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap satu sama lain. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna.

Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur Pengaturan pada Situs.

Pengguna dapat menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh BTN Properti melalui fitur Pengaturan pada Situs. Bank BTN tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.

Sejauh diizinkan oleh ketentuan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Bank BTN untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs maupun layanan BTN Properti lainnya.

 

Penyimpanan dan Penghapusan Informasi

Bank BTN akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.

 

Pembaruan Kebijakan Privasi

Bank BTN dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Bank BTN menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan BTN Properti lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.